Selasa, 02 Mei 2017

Busana Bayi Dan Jenis-Jenisnya

Busana Bayi Dan Jenis-Jenisnya
Masa kanak-kanak merupakan masa yang terpenting pada proses pertumbuhan manusia. Karena pada dasarnya pada masa kanak-kanaklah sesungguhnya karakter dasar seseorang. Ada 5 fase perkembangan anak yaitu: fase pranatal(saat dalam kandungan),fase bayi (sejak lahir sampai umur 18 atau 24 bulan),fase kanak-kanak awal sampai 5-6 tahun(kadang-kadang disebut fase pra sekolah).fase kanak-kanak tengah dan akhir sampai umur 11 tahun dan fase remaja yang merupakan transisi dari kanak-kanak ke dewasa awal.
Apabila kita membuat atau membeli pakaian bayi kita harus memperhatikan bahan yang digunakan, karena pemilihan bahan yang kurag tepat akan menggangu kesehatan bayi. Bahan yang bertekstur kasar akan merusak kulit bayi seperti lecet bahkan terkelupas, sedangkan bahan yang tidak menghisap air akan menimbulkan rasa panas, biang keringat, gatal yang akan membuat bayi tidak nyaman memakainya dan juga berakibat buruk pada kesehatan kulitnya. Bahan yang paling cocok digunakan untuk busana bayi adalah bahan yang berasal dari kapas yang biasa disebut katun dipasaran. Bahan ini memiliki sifat memnghisap keringat, kuat, lembut, dan mudah dalam pemeliharaan sehingga sangat cocok untuk pakaian bayi dan anak.
Berikut ini adalah jenis-jenis busana yang biasa digunakan untuk bayi:

Popok

Busana Bayi Dan Jenis-Jenisnya
Popok merupakan pakaian bayi yang berfungsi sebagai pengganti celana bagi bayi. Pemakaian popok lebih mempermudah untuk mengganti apabila sudah basah, dengan mengangkat sedikit kaki, sudah bisa popok dibuka atau dipasang kembali. Pada saat sekarang ini tentu kita sudah tidak asing dengan penggunaan popok sekali pakai (disposable diaper). Ada 3 macam jenis bahan popok yang beredar dipasaran yaitu katun, flanel, dan plastik ( untuk disposable diaper). Untuk popok biasa, sebaiknya pilihlah popok yang berbahan dasar katun, karena bahan ini memiliki kemampuan dalam menyerap keringat dengan baik sehingga nyaman dipakai dalam kondisi cuaca yang panas. Sedangkan untuk bahan flanel dan plastik tidak memiliki kemapuan menyerap keringat. Hal ini dapat menyebabkan kelembapan kulit menjadi teganggu bahkan bisa terjadi iritasi bahkan infeksi kulit pada sikecil.

Secara umum dipasar banyak yang mengklaim popok disposable bisa dipakai sampai 10 jam, bahkan ada yang bisa dipakai semalam suntuk, padahal itu tidaklah baik bagi kesehatan kulit si kecil. Jadi, meskipun terlihat belum menunjukkan perlu diganti, sebaiknya ganti saja untuk menghindari terjadinya iritasi atau infeksi. Sebaiknya pemakaian popok disposable jangan lebih dari 3 jam karena pada cuaca panas seperti indonesia, keringat yang ditimbulkannya dapat menyebabkan terganggunya kelembabab kulit.

Celana

Busana Bayi Dan Jenis-Jenisnya
Celana bayi diperlukan apabila bayi tidak cocok lagi menggunakan popok. Bagi bayi yang berbadan gemuk , memakai celana akan lebih efektif dan efisien, terutama bila pergi keluar rumah. Bahan yang tepat dijadikan bahan celana bayi adalah bahan handuk atau biasa disebut bahan kaos yang menghisap air, lembut ,kuat dan tidak kaku. Pemilihan bahan yang kurang tepat akan membuat pangkal paha bayi akan lecet dab masuk angin bila bahan terlalu tipis.

Gurita

Busana Bayi Dan Jenis-Jenisnya
Gurita merupakan pakaian bayi yang berfungsi sebagai penutup perut sekaligus penutup pusat bayi, gurita ini dipakaikan paling kurang dipakaikan pada bayi sampai pusar bayi terlepas.bahan yang dubuatkan untuk gurita sebaiknya bahan yang menghisap air, kuat, lembut dan dingin. Bahan yang tepat untuk dijadikan gurita adalah 100% katun. Selember gurita terdiri dari dua bagian yaitu bgian dalam berupa kain empat persegi panjang dengan ukuran 20 x 50 cm. Bagian ini langsung melekat pada tubuh bayi untuk menutup pusar dan perut, bagian kedua berupa tali untuk pengikat agar ikatan rata.

Mantel bayi

Busana Bayi Dan Jenis-Jenisnya
Mantel bayi sangat diperlukan bila udara dingin atau pergi keluar rumah, karena mantel ini akan melindungi bayi dari udara dingin dan berangin. Mantel tebal dan halus akan menjaga bayi tetap hangat dari ujung kaki sampai kepala. Bahan yang cocok untuk membuat mantel adalah bahan yang dapat memberikan rasa hangat dan lembut pada bayi, seperti bahan yang memiliki bulu-bulu halus dan menghisap air seperti flanel.

Cape bayi

Busana Bayi Dan Jenis-Jenisnya
Cape bayi berfungsi untuk melindungi bayi dari udara dingin dan angin dari luar. Bentuk cape bayi hampir sama dengan selimut tetapi memiliki tempat khusus untuk meletakkan dan melindungi kepala. Dalam keadaan tertentu cape bayi juga berfungsi sebagai selimut bayi. Bahan yang digunakan adalah bahan yang tebal berbulu halus dan lembut timbal balik.

Topi bayi

Busana Bayi Dan Jenis-Jenisnya
Topi adalah perlengkapan bayi yang tidak kalah pentingnya bagi bayi. Bayi perlu memakai topi jika pergi keluar rumah agar kepala bayi terlindung dari panas matahari dan angin. Bagi bayi yang baru lahir topi berguna untuk mencegah pengeluaran panas lebih banyak dari kepala.topi juga sangat berguna jika cuaca dingin atau saat bayi diajak keluar rumah. Bahan membuat topi biasanya disamakan dengan bahan baju atau bisa juda dibuat dengan teknik rajutan.

Sepatu bayi

Busana Bayi Dan Jenis-Jenisnya
Biasanya bayi sudah memakai sepatu sebelum ia bisa menapak kaki ke lantai. Sepatu yang digunakan saat itu berfungsi sebagai kaus kaki yang menghangatkan kaki serta aksesoris untuk mempercantik kaki bayi ketika bepergian. Bahannya pun harus lembut dan nyaman. Ukurannya tidak boleh terlalu pas atau sempit agar tidak menghambat pertumbuhan kaki bayi. Sebenarnya sepatu bayi baru benar-benar diperlukan ketika bayi belajar berjalan karena sepatu berguna unutk melindungi kaki dari benda tajam, kotoran atu sebagainya. Tetapi jika bayi berjalan dirumah yang bersih dan aman biarkan saja dia berjalan tanpa alas kaki, dengan demikian, bayi belajar mengenali benda yang disentuh kakinya.

Tadah liur

Busana Bayi Dan Jenis-Jenisnya
Tadah liur berfungsi untuk melindungi baju dari semburan, jatuhnya makanan sikecil atau keluar air liur bayi. Produksi air liur akan meningkat pada berbagai keadaan antara lain, pertumbuhan gigi, infeksi pada kelenjar liur (parotitis), infeksi pada organ lain didalam mulut seperti lidah, gusi, maupun gigi, baikoleh bakteri maupun jamur.

0 komentar:

Posting Komentar

 
fashion Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template